Wednesday, May 13, 2020

Para Pembimbing



Keberlangsungan Pelatihan Menulis Online HOKI (PMOH) dari awal hingga akhir akan dipantau dan dioperasionalkan secara keseluruhan oleh seorang koordinator pembimbing, yaitu Fida Abbott.


Lulusan Fakultas Pertanian, Jurusan Agronomi, UPN Veteran Jawa Timur dengan predikat Memuaskan ini beralih profesi menjadi penulis setelah lima tahun menetap di AS. Ia juga berprofesi sebagai seorang instruktur Bahasa Indonesia yang berlisensi pada ruang-ruang kelas virtual Angakatan Udara AS setelah hampir empat belas tahun menetap di AS. Ia juga sebagai penutur lepas untuk kebutuhan Negara Bagian Pennsylvania  bagi pendidikan para imigran yang berbahasa Indonesia. Saat ini Fida tercatat sebagai anggota resmi para profesional di National Language Service Corps (organisasi pemerintah Federal/Nasional AS) sebagai penutur Bahasa Indonesia.

Novel pertamanya berjudul Enthusiasm mendapatkan penghargaan Pinnacle Book Achievement Award dari National Association of Book Entrepreneurs (NABE) untuk kategori novel di musim semi 2010. Versi Bahasa Indonesianya (Antusiasme) sudah terbit di Indonesia pada 14 Pebruari 2012. Sedangkan buku kumpulan cerpennya yang disertai dengan petunjuk sederhana menyusun ide menulis fiksi berjudul Exploring My Ideas mendapatkan penghargaan yang sama untuk kategori cerpen di musim panas 2019. Versi Bahasa Indonesianya akan menyusul.

Pada bulan Oktober 2011, Fida juga terpilih sebagai salah satu pemenang 50 Great Writers You Should Be Reading yang diselenggarakan oleh The Author Show (eBroadcastMedia.com). Ia terpilih dari hasil voting lebih dari 200 kandidat yang telah diseleksi sebelumnya dari ribuan peserta.

Lulusan dengan predikat Highest Honors dari Strartford Career Insititute, Saint Albans, Vermont, US yang berkantor pusat di Town of Mount Royal, QC, Canada, dengan sistem belajar jarak jauh (long distance learning program), karya cerpen remaja pertamanya berjudul Kidung Kasih untuk Lintang ditulis dan dipublikasikan pada saat ia berusia tiga belas tahun. Buku terbarunya berjudul Exploring My Ideas telah terbit bulan Juni 2018.

Sedangkan para pembimbing untuk Kelas Cerita Anak-Anak dan Kelas Fiksi akan bertanggung jawab secara keseluruhan pembelajaran terhadap semua peserta yang dibimbingnya dari awal hingga akhir masa belajar di kelas yang diasuhnya.

Saat ini para pembimbing yang bergabung di PMOH adalah:

1. Yunita D.H. Phillips (Kelas Cerita Anak-Anak)

Sarjana Ilmu Komunikasi jurusan jurnalistik dari Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Jakarta ini telah berkecimpung di dunia penulisan dan penerbitan sejak tahun 1984. Jabatan dari Editor, Kepala Bidang Editorial hingga Manajer Umum disandangnya dalam kurun waktu 1990-2010 pada penerbit Yayasan Komunikasi Bina Kasih (YKBK), Jakarta.

Selain menulis cerita untuk anak dan remaja di media umum seperti Majalah HAI, Harian Sinar Harapan, dan Harian Suara Pembaruan, ia juga menulis beberapa artikel bagaimana menulis cerita untuk anak-anak dalam bahasa Inggris di InterLit Magazine, Amerika Serikat. Ia telah menerbitkan beberapa buku cerita anak-anak berseri berjudul Coki Mengambil Risiko; Coki Bisa Apa?; dan Coki Periksa Lagi! serta sebuah buku cerita remaja berjudul Maafkan Aku. Buku berseri Coki telah lolos seleksi pada 2017 di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai buku yang diberlakukan/dimasukkan dalam kurikulum sekolah dengan klasifikasi sebagai buku pengayaan kepribadian/pengembangan karakter anak dan termasuk dalam kategori buku pengayaan pendidikan anak usia dini (PAUD).

Kesibukannya di dunia penerbitan dan sebagai penulis menghantarkannya untuk berperan serta atau menghadiri berbagai pelatihan dan seminar kepenulisan dan penerbitan baik di dalam dan di luar negeri, dari Yogyakarta, Cipayung dan Gadog (Jawa Barat), Jakarta, Filipina hingga negara-negara bagian di Amerika Serikat (Colorado, Illinois, dan Pennsylvania).

 

Saat ini ia tinggal di Ohio (USA) dan masih meneruskan proyek-proyek menulisnya termasuk kegiatan lainnya: mengedit naskah dan menerjemahkan karya-karya tulis/buku dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia.


2. Heni Kurniawati (Kelas Fiksi)

Alumni Sastra Inggris Unitomo Surabaya dengan predikat Cum Laude ini pernah menjuarai Lomba Essai tingkat Universitas se-Jatim yang diselenggarakan oleh kampusnya tahun 2002. Ia juga memenangkan beberapa lomba menulis di HOKI. Heni mulai menulis saat masih duduk di bangku SMP. Beberapa cerpennya diudarakan di radio swasta di Jombang ketika ia duduk di bangku SMA. Setelah pindah ke Surabaya dan kuliah di Fakultas Sastra Inggris Unitomo Surabaya, artikel-artikelnya dalam bahasa Inggris dipublikasikan di Majalah Hello tahun 2000-2002.

Saat ini ia bekerja sebagai Costing Analyst di sebuah perusahaan manufaktur di Sidoarjo. Sosok yang memiliki pengetahuan luas di bidang Literary Writing, khususnya genre Fiksi ini telah menghasilkan puluhan cerpen dan artikel. Puisinya yang berjudul Pengantin Padang diterbitkan dalam buku Antologi Puisi Nasional Epitaf Arau, bersama Kurnia Hadinata dkk. (Penerbit Senikata, April 2012). Novel pertamanya, Menggapai Impian, Merengkuh Cinta (MIMC) diterbitkan secara indie pada Mei 2012. Pada November 2017, ia menerbitkan novel keduanya yang berjudul Passion in Sop Buah bersama Kaifa Publishing. Novel terbarunya ini telah beredar di toko buku Togamas Bandung, Depok, dan beberapa marketplace di Indonesia seperti Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia. Selain itu versi e-booknya bisa diorder di Karya Virtual. Saat ini, Heni lebih banyak menulis cerpen dan mengirimkannya ke media-media cetak. Salah satu cerpen terbarunya, Kepada Buku Aku Cemburu dimuat di Tabloid Nova 30 Juli 2018. Kini pembaca bisa mengakses versi digitalnya di Press Reader. Cerpennya dalam Bahasa Inggris, The Story of a Rooster dipublikasikan oleh the Jakarta Post pada Mei 2019.



Penyelenggara

KabarIndonesia.com

  © Blogger template 'Isfahan' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP